Studi Banding LPPM SCU ke Surabaya-Malang (UKWM, UKDC, dan UKWK)

Ka LPPM UKWM dan Ka LPPM SCU

Ka.LPPM SCU dan Wakil Rektor I UKDC

Penyerahan Cinderamata dari Ka.LP3M dan Ka.LPPM SCU kepada Ka.LPPM dan Wakil Rektor I UKWK.

Dengan semangat untuk melakukan studi dan berbagi, LPPM Unika Soegijapranata melakukan kegiatan Studi Banding ke beberapa universitas di kota Surabaya dan Malang dari tanggal 26 Juli hingga 27 Juli 2023. Studi Banding ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan untuk saling berbagi pengetahuan dan saling bertukar pikiran mengenai kelebihan dan kekurangan di dalam pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diperbaiki bersama.

Pada kesempatan kunjungan yang pertama, LPPM Unika Soegijapranata berkunjung ke Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) di Surabaya. Pada kesempatan ini, tim LPPM Unika Soegijapranata disambut oleh tim LPPM dan juga Wakil Rektor I UKWM. Di dalam pembicaraan, kedua tim LPPM saling berbagi pengalaman masing-masing terkait pengelolaan hibah penelitian yang sedikit berbeda terkait dengan pengelolaan yang terpusat di LPPM di UKWM dibandingkan dengan Unika Soegijapranata yang juga melakukan pengelolaan hibah monodisiplin yang dikelola oleh Program Studi. Namun keduanya memiliki kesamaan dalam memastikan jalannya program.

Kedua universitas telah memiliki platform sistem informasi untuk pelaporan penelitian dan pengabdian masyarakat. Platform yang dimiliki UKWM diberi nama Penamas, sedangkan Unika Soegijapranata mengambil nama DIANA. Dalam hal pelaporan kegiatan, keduanya memiliki kegunaan yang sama, namun di dalam platform Penamas terdapat fitur pelaporan artikel jurnal yang termuat di dalam Penamas, yang menjadi hal yang dapat diadopsi untuk ditambahkan ke dalam DIANA di Unika Soegijapranata.

Kunjungan kedua masih dilakukan ke sebuah Universitas Katolik di kota yang sama di Surabaya, yaitu di Universitas Katolik Darma Cendikia (UKDC). Pada kesempatan ini, tim LPPM Unika Soegijapranata disambut oleh Ka.LPPM UKDC, Wakil Rektor I, dan Jajaran Dekan serta Ka.Prodi yang ada. Pada kesempatan diskusi, kedua tim saling bertukar pikiran mengenai pengelolaan kegiatan jejaring yang dilakukan untuk kegiatan pengabdian masyarakat baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kegiatan studi banding terakhir dilakukan ke sebuah Universitas Katolik di Kota Malang, yaitu di Universitas Katolik Widya Karya (UKWK). Tim LPPM Unika Soegijapranata disambut dengan hangat oleh Frater Rektor, beserta para Wakil Rektor dan Tim LPPM yang ada. Dalam kesempatan ini, tercapai sebuah kesepakatan dan penandatanganan naskah kerja sama untuk kegiatan pendampingan universitas yang akan dilakukan Universitas Katolik Soegijapranata kepada Universitas Katoklik Widya Karya. (BP)

English Version ยป